Tujuh bagian rumah sehat

JASA KEBERSIHAN / JASA CLEANING SEVICE MEMBERSIHKAN  BAGIAN  RUMAH SEHAT 

 




Jasa kebersihan / jasa cleaning service mempunyai pengetahuan tentang bagian rumah sehat dan tehnik pembersihannya

 


Rumah  memiliki bagian-bagian yang mempunyai fungsi. Baik fungsi estetik dan kegunaan. Dan rumah yang sehat mempunyai bagian yang bersih dan sehat.

Paling tidak ada beberapa bagian yang mutlak mesti terkontrol dan terjaga kebersihannya.  Dan, jasa kebersihan rumah termasuk yang paling tahu tentang hal ini. Selain tahu dari mana harus membersihkannya, jasa cleaning service juga tahu apa dan bagaimana membersihkannya sehingga komponen itu dapat memancarkan nilai keindahan dan kebersihan.


Namun, sebelum kita mengetahui bagaimana jasa kebersihan membersihkan bagian-bagian rumah. Sebaiknya kita ketahui bagian-bagian  rumah yang seperti apa yang termasuk dalam bagian rumah sehat.


1.        Langit-langit


Di bawah kerangka atap atau kuda-kuda biasanya dipasang penutup yang disebut langit-langit yang tujuannya antara lain

a.       Untuk menutup seluruh konstruksi atap dan kuda-kuda penyangga, agar tidak terlihat dari bawah, sehingga ruangan terlihat rapi dan bersih
b.      untuk menahan debu yang jatuh dan kotoran yang lain juga menahan tetesan air hujan yang menembus melalui celah-celah atap
c.       untuk membuat ruangan antara yang berguna sebagai penyekat sehingga panas atas tidak mudah menjalar kedalam ruangan dibawahnya

 Adapun persyaratan untuk langit-langit yang baik adalah :
a.       langit-langit harus dapat menahan debu dan kotoran lain yang jatuh dari atap,
b.      langit-langit harus menutup rata kerangka atap kuda-kuda penyangga dengan konstruksi bebas tikus
c.       tinggi langit-langit sekurang-kurangnya 2,40 dari permukaan lantai kecuali,
d.      dalam hal langit-langit/kasau-kasaunya miring sekurang-kurangnya mempunyai tinggi rumah 2,40 m dan tinggi ruang selebihnya pada titik terendah titik kurang dari 1,75 m, dan
e.       ruang cuci dan ruang kamar mandi diperbolehkan sekurang-kurangnya sampai 2,40 m. 

Dan untuk membersihkannya jasa kebersihan mempunyai tehnik tersendiri berdasakan pengetahuan dan pengalaman dilapangan. Silahkan baca artikel berikutnya. 


2.        Dinding


Adapun syarat-syarat untuk dinding yang sehat antara lain :

a.       Dinding harus tegak lurus agar dapat memikul berat sendiri, beban tekanan angin dan bila sebagai dinding pemikul harus pula dapat memikul beban diatasnya,

b.      Dinding harus terpisah dari pondasi oleh suatu lapisan air rapat air sekurang-kurangnya 15 cm dibawah permukaan tanah sampai 20 cm di atas lantai bangunan, agar air tanah tidak dapat meresap naik keatas, sehingga dinding tembok terhindar dari basah dan lembab dan tampak bersih tidak berlumut, dan

c.       Lubang jendela dan pintu pada dinding, bila lebarnya kurang dari 1 m dapat diberi susunan batu tersusun tegak di atas batu, batu tersusun tegak di atas lubang harus di pasang balok lantai dari beton bertulang atau kayu awet.

Untuk memperkuat berdirinya tembok ½ bata digunakan rangka pengkaku yang terdiri dari plester-plester atau balok beton bertulang setiap luas 12 meter. 

Untuk membersihkan tembok tentunya memerlukan pengetahuan khusus mengingat jenis tembok terbuat dari bahan pelapis yang bermacam-macam material atau bahan.

Dan untuk membersihkannya jasa cleaning service mempunyai tehnik tersendiri berdasakan pengetahuan dan pengalaman dilapangan. Silahkan baca artikel berikutnya. 

3.        Lantai


Lantai harus cukup kuat untuk menahan beban diatasnya. Bahan untuk lantai biasanya digunakan ubin, kayu plesteran, atau bambu dengan syarat-syarat tidak licin, stabil tidak lentur waktu diinjak, tidak mudah aus, permukaan lantai harus rata dan mudah dibersihkan. Macam-macam lantai :

a.       Lantai tanah stabilitas.
Lantai tanah stabilitas terdiri dari tanah, pasir, semen, dan kapur. Contoh : tanah tercampur kapur dan semen. Untuk mencegah masuknya air kedalam rumah sebaiknya lantai dinaikkan 20 cm dari permukaan tanah   

b.      Lantai papan
Pada umumnya lantai papan dipakai di daerah basah/rawa. Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan lantai adalah :
1)      Sekurang-kurangnya 60 cm di atas tanah dan ruang bawah tanah harus ada aliran tanah yang baik.
2)      Lantai harus disusun dengan rapid an rapat satu sama lain, sehingga tidak ada lubang-lubang ataupun lekukan dimana debu bisa bertepuk. Lebih baik jika lantai seperti ini dilapisi dengan perlak atau kampal plastik ini juga berfungsi sebagai penahan kelembaban yang naik dari di kolong rumah.
3)      Untuk kayu-kayu yang tertanam dalam air harus yang tahan air dan rayap serta untuk konstruksi di atasnya agar lantai kayu yang telah dikeringkan dan diawetkan.

c.       Lantai ubin
Lantai ubin adalah lantai yang terbanyak digunakan pada bangunan perumahan karena lantai ubin murah/tahan lama, dapat mudah dibersihkan dan tidak dapat mudah dirusak rayap. 
Untuk membersihkan lantai tentunya memerlukan pengetahuan khusus mengingat jenis lantai terbuat dari bermacam-macam material atau bahan 

Untuk membersihkan lantai tentunya memerlukan pengetahuan khusus mengingat jenis lantai terbuat dari bermacam-macam material atau bahan 

Dan untuk membersihkannya jasa kebersihan mempunyai tehnik tersendiri berdasakan pengetahuan dan pengalaman dilapangan. Silahkan baca artikel berikutnya.


4.        Jendela kamar tidur, jendela ruang keluarga, dan ruang tamu 

 

Jendela dibuka pada siang hari agar cahaya matahari dapat masuk dan udara dapat berputar sehingga akan memperkecil resiko penularan penyakit infeksi. Untuk memperoleh jumlah cahaya matahari pada pagi hari secara optimal sebaiknya jendela kamar tidur menghadap ke timur. Luas jendela yang baik paling sedikit mempunyai luas 10-20% dari luas lantai. Apabila luas jendela melebihi 20% dapat menimbulkan kesilauan dan panas, sedangkan sebaliknya kalau terlalu kecil dapat menimbulkan suasana gelap dan pengap. 

Dalam ruang kediaman, sekurang-kurangnya terdapat satu atau lebih banyak jendela/lubang yang langsung berhubungan dengan udara dan bebas dari rintangan-rintangan, jumlah luas bersih jendela/lubang itu harus sekurang-kurangya sama 1/10 dari luas lantai ruangan, dan setengah dari jumlah luas jendela/lubang itu harus dapat dibuka. Jendela/lubang angin itu harus meluas kearah atas sampai setinggi minimal 1,95 di atas permukaan lantai. Diberi lubang hawa atau saluran angin pada ban atau dekat permukaan langit-langit ( ceiling ) yang luas bersihnya sekurang-kurangnya 5% dari luas lantai yang bersangkutan. Pemberian lubang hawa/saluran angin dekat dengan langit-langit beguna sekali untuk mengeluarkan udara panas dibagian atas dalam ruangan.

Ketentuan luas jendela/lubang angin tersebut hanya sebagai pedoman yang umum dan untuk daerah tertentu hanya sebagai pedoman yang umum dan untuk daerah tertentu, harus disesuaikan dengan keadaan iklim daerah tersebut. Untuk daerah pegunungan yang berhawa dingin dan banyak angin, maka luas jendela/lubang angin dapat dikurangi sampai dengan 1/20 dari luas ruangan. Sedangkan untuk daerah pantai laut dan daerah rendah yang berhawa panas dan basah, maka jumlah luas bersih jendela, lubang angin harus diperbesar dan dapat mencapai 1/5 dari luas lantai ruangan.  



Dan untuk membersihkannya jasa cleaning service mempunyai tehnik tersendiri berdasakan pengetahuan dan pengalaman dilapangan. Silahkan baca artikel berikutnya.


5.        Ventilasi


Ventilasi adalah proses penyediaan udara segar kedalam suatu ruangan dan pengeluaran udara kotoran suatu ruangan tertutup baik alamiah maupun secara buatan. Ventilasi harus lancar diperlukan untuk menghindari pengaruh buruk yang dapat merugikan kesehatan manusia pada suatu ruangan kediaman yang tertutup atau kurang ventilasi

Pengaruh-pengaruh buruk itu adalah ( Sanropie, 1989 ) :
a.       Berkurangnya kadar oksigen diudara dalam ruangan kediaman,
b.      Bertambahnya kadar asam karbon ( CO2 ) dari pernafasan manusia,
c.       Bau pengap yang dikeluarkan oleh kulit, pakaian dan mulut manusi
d.      Suhu udara dalam ruang ketajaman naik karena panas yang dikeluarkan oleh badan manusia dan
e.       Kelembaban udara dalam ruang kediaman bertambah karena penguapan air dan kulit pernafasan manusia.

Dengan adanya ventilasi silang ( cross ventilation ) akan terjamin adanya gerak udara yang lancar dalam ruang kediaman. Caranya ialah dengan memasukkan kedalam ruangan udara yang bersih dan segar melalui jendela atau lubang angin di dinding, sedangkan udara kotor dikeluarkan melalui jendela/lubang angin di dinding yang berhadapan. Tetapi gerak udara ini harus dijaga jangan sampai terlalu besar dan keras karena gerak angin atau udara angin yang berlebihan meniup badan seseorang, akan mengakibatkan penurunan suhu badan secara mendadak.

Dan menyebabkan jaringan selaput lendir kan berkurang sehingga mengurangi daya tahan pada jaringan dan memberikan kesempatan kepada bakteri-bakteri penyakit berkembang biak, dan selanjutnya menyebabkan gangguan kesehatan, yang antara lain : masuk angin, pilek atau kompilasi radang saluran pernafasan. Gejala ini terutama terjadi pada orang yang peka terhadap udara dingin. 

Untuk menghindari akibat buruk ini, maka jendela atau lubang ventilasi jangan terlalu besar/banyak, tetapi jangan pula terlalu sedikit.

Jika ventilasi alamiah untuk pertukaran udara dalam ruangan kurang memenuhi syarat, sehingga udara dalam ruangankyrang memenuhi syarat, sehingga udara dalam ruangan akan berbau pengap, maka diperlukan suatu sistem pembaharuan mekanis. Untuk memperbaiki keadaan ruang dalam ruangan, system mekanis ini harus bekerja terus menerus selama ruangan yang dimaksud digunakan. Alat mekanis yang biasa digunakan/dipakai untuk sistem pembaharuan udara mekanis adalah kipas angin ( ventilating, fan atau exhauster ), atau air conditioning.  


6.         Sarana pembuangan asap dapur



Harus memiliki tempat pembuangan asap dapur seperti cerobong asap atau terdapat ventilasi yang sesuai untuk penyaluran asap pada saat memasak di dapur.


7.        Pencahayan


Sanropie ( 1989 ) menyatakan bahwa cahaya yang cukup kuat untuk penerangan di dalam rumah merupakan kebutuhan manusia. Penerangan ini dapat diperoleh dengan pengaturan cahay buatan dan cahaya alam.

a.       Pencahayaan alamiah

Pencahayaan alamiah diperoleh dengan masuknya sinar matahari ke dalam ruanagn melalui jendela celah-celah atau bagian ruangan yang terbuka. Sinar sebaiknya tidak terhalang oleh bangunan, pohon-pohon maupun tembok pagar yang tinggi. Kebutuhan standar cahaya lami yang memenuhi syarat kesehatan untuk kamar keluarga dan kamar tidur menurut WHO 60-120 Lux. Suatu cara untuk menilai baik tau tidaknya penerangan alam yang terdapat dalam rumah, adalah sebagai berikut :
1)      baik, bila jelas membaca koran dengan huruf kecil;
2)      cukup, bila samar-samar bila membac huruf kecil ;
3)      kurang, bila hanya huruf besar yang terbaca dan
4)      buruk, bila sukar membaca huruf besar
Pemenuhan kebutuhan cahaya untuk penerangan alamiah sangat ditentukan oleh letak dan lebar jendela.

b.      Pencahayaan buatan

Untuk penerangan pada rumah tinggal dapat diatur dengan memilih sistem penerangan dengan suatu pertimbangan hendaknya penerangan tersebut dapat menumbuhkan suasana rumah yang lebih menyenangkan. Lampu Flouresen ( neon ) sebagai sumber cahaya dapat memenuhi kebutuhan penerangan karena pada kuat penerangan yang relative rendah mampu menghasilkan cahaya yang bila dibandingkan dengan penggunaan lampu pijar. Bila ingin menggunakan lampu pijar sebaiknya dipilih yang warna putih dengan dikombinasikan beberapa lampu neon.  Untuk penerangan malam hari dala ruangan terutama untuk ruang baca dan ruang kerja, penerangan minimum adalah 150 Lux sama dengan 10 watt lampu TL, atau 40 watt dengan lampu pijar. 

Dalam membersihkan semua komponen rumah sehat diatas tentunya memerlukan peralatan, chemical, dan tehnik yang baik. Untuk mengetahui semuanya silahkan baca artikel berikutnya.

Namun jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membersihkan bagian-bagian rumah sehat diatas sehingga rumah anda menjadi rumah yang nyaman dan sehat silahkan menghubungi jasa kebersihan / jasa cleaning service  kami atau menghubungi : 08129jasa1333050, WA: 087777481838, PIN BB : 5A4168A8 kami siap membantu anda.

Salam sukses!

Superklin  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tujuh bagian rumah sehat"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top