CARA MERAWAT MARMER



CARA MERAWAT MARMER SEHARI-HARI



Untuk merawat marmer secara intensif memerlukan jasa perawatan. Namun tentunya hal itu tidak bisa dilakukan tiap hari dan biasanya hanya dilakukan dalam beberapa bulan sekali melalui jasa poles marmer. Namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat marmer sehari-hari.

Mengingat marmer atau pualam adalah jenis batuan indah yang  digunakan pada  permukaan meja dapur (countertop), lantai , dinding, tiang, dan juga sebagai aksen pada furnitur. Marmer adalah batuan kapur yang telah berubah bentuk dan bercampur dengan berbagai unsur alam hingga hasilnya berupa material yang relatif berurat lembut dengan warna dan corak yang sangat beragam. Marmer cenderung mudah bernoda, tergores, dan pudar. Jika Anda menginginkan material tersebut bertahan lama maka sangat penting untuk mengetahui cara merawatnya. 

Berikut kami sampaikan cara perawatan umum/dasar, mulai dari cara menghilangkan noda, hingga cara menjaga agar marmer tetap terlihat mengkilap untuk sehari-hari sebelum menggunakan jasa poles marmer.

Perawatan marmer.

1.    Lindungi marmer dari luka gores.

Jangan memasang benda tajam langsung pada permukaan marmer tanpa alas pelindung. pasanglah pelapis pada bagian bawah kaki kursi atau meja. Gunakan alas atau tatakan pada meja dapur untuk melindunginya dari gelas dan peralatan dapur lain.

2.    Bersihkan marmer secara mendalam.

Noda pada marmer sangat cepat meresap, terutama jika berupa cairan yang dibiarkan selama waktu tertentu. Bersihkan noda jus jeruk, anggur, dan kopi segera setelah cairan tersebut tumpah di atas marmer. Juga berbagai material lain dengan pigmen yang kuat, seperti jinten, bubuk kari, bubuk kopi, dan sayuran hijau harus segera dibersihkan jika jatuh/tumpah pada marmer.

3.    Bersihkan marmer dengan kain lembap/basah.

Gunakan kain berbahan lembut yang sudah dibasahi air hangat untuk membersihkan debu dan tumpahan kecil yang ada pada permukaan dan lantai marmer. Jangan menggosoknya, karena cara tersebut berisiko menggores marmer. Usapkan lap/kain di atas permukaan marmer dan lap dengan gerakan memutar pada bagian noda dengan sedikit tekanan ekstra sampai benar-benar bersih.

4.    Pastikan marmer kering.

 Jangan membiarkan ada genangan air pada permukaan atau lantai marmer, karena dapat meninggalkan flek atau noda. Gunakan kain lembut yang kedua untuk mengeringkan permukaan tersebut setelah dibersihkan.

5.    Pakailah bahan alami yang aman, dan atau chemical  khusus untuk marmer, untuk pembersihan yang lebih intensif.

Jika debu dan berbagai kotoran sudah terakumulasi pada permukaan atau lantai marmer, bersihkan menggunakan sabun cuci piring dan sedikit air hangat. Gunakan lap/kain lembut sebagai sarana pembersih. Jangan pernah menggunakan cairan cuka pada marmer. Cuka adalah bahan pembersih alami yang bagus untuk berbagai permukaan, namun karena bersifat asam bahan ini dapat menyebabkan kerusakan pada marmer.Untuk marmer berwarna terang, hidrogen peroksida merupakan pilihan bahan pembersih alami yang bagus

6.    Gunakan chamois untuk kilapkan marmer.

Chamois terbuat dari handuk lembut yang dapat digunakan untuk mengeringkan dan mengilapkan permukaan marmer dalam waktu bersamaan. Bahan tersebut tergolong paling lembut untuk membuat marmer tampil berkilau.
Bahan pengilap marmer juga bereaksi bagus. Jika Anda memilih untuk menggunakan pengilap marmer komersial, pastikan bahan tersebut benar-benar diperuntukkan bagi marmer, bukan untuk granit atau tipe batuan lain. Karena marmer memiliki sifat khusus dan berbeda yang dapat rusak oleh bahan kimia tertentu.

Menghilangkan Noda.



1.  Semprot bagian yang ternoda dengan air.

Semprotkan air secukupnya. jangan terlalu banyak.

2. Pakailah pasta pembersih.

Buatlah pasta yang kental dengan mencampur baking soda dan air. Oleskan pasta tersebut ke bagian permukaan marmer yang ternoda. Lalu tutup dengan plastik dan biarkan selama 24 jam. Dan amankan zona tersebut.
Anda bisa juga menggunakan pasta dari campuran tepung dan sabun cuci piring yang tidak bersifat abrasif. Gunakan cara yang sama seperti sebelumnya.

3.Kemudian bersihkan pasta.

Setelah 24 jam angkat plastik penutup dan gunakan kain lembap untuk mengusap pasta pembersih. Jika noda pada bagian tersebut belum hilang, ulangi prosesnya dari awal.

4. Gunakan hidrogen peroksida.

Tuang sedikit hidrogen peroksida pada bagian yang ternoda. Tutup dengan plastik dan biarkan selama kira-kira 24 jam. Lalu angkat plastik dan bersihkan hidrogen peroksida itu dengan bantuan kain lembap. Ulangi jika diperlukan. Berhati-hatilah dengan metode ini, terutama jika marmer Anda berwarna gelap, karena hidrogen peroksida dapat mencerahkan marmer.

5.  Gunakan pati jagung untuk menghilangkan noda lemak.

Taburkan pati jagung pada bagian yang tertumpahi minyak dan biarkan terserap hingga kira-kira 20 menit. Lalu, bersihkan pati jagung itu dengan kain lembap ssmpai benar-benar bersih.

Menghilangkan Goresan

1.    Mulailah dengan membersihkan secara hati-hati.

Gunakan air hangat dan kain yang lembut, gosok bagian yang tergores dengan hati-hati. Goresan tipis akan hilang dengan cara tersebut, dan ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan goresan secara manual tanpa poles marmer.
Tambahkan sabun cuci piring yang ringan ke dalam air hangat untuk membuat gosokan yang lebih kuat jika Anda inginkan. Pastikan Anda telah membersihkan air sabun dan mengeringkan permukaan marmer dengan sempurna.

2.    Gunakan ampelas yang halus.

Untuk goresan yang lebih dalam, cobalah gosok dengan ringan bagian tersebut menggunakan kertas ampelas yang sangat halus. Jangan gunakan ampelas dengan butiran kasar, karena dapat menciptakan lubang-lubang pada marmer.

Jika beberapa cara sebelumnya tidak mampu menghilangkan goresan, konsultasikan pada jasa poles marmer.
Mereka akan menggunakan peralatan industri yang dirancang khusus untuk menghilangkan goresan dari marmer tanpa merusaknya.

Catatan.

Sebelum menggunakan setiap jenis pembersih marmer, uji cobakan pada bagian sudut tersembunyi untuk memastikan bahwa zat pembersih tersebut benar-benar aman untuk permukaan marmer.
Pertimbangkan untuk melapisi permukaan dan lantai marmer Anda dengan bahan pelapis khusus untuk melindunginya dari noda dan goresan. Cara perawatan ini relatif mahal dan harus dilakukan oleh profesional yaitu jasa poles marmer. Namun demikian cara diatas  akan sangat membantu menjaga marmer terlihat bersih dan mengkilap  untuk jangka waktu yang relatif lama lama.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CARA MERAWAT MARMER"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top